Skip to main content

Ujian Akhir Semester Teori dan Pengembangan Media BK

 Haloo semuanya………

Pada blog kali ini, saya akan menceritakan proses pengembangan media kelompok dan pengalaman saya pada mata kuliah Teori dan Pengembangan Multimedia Bimbingan dan konseling. Saya harap para pembaca sekalian dapat menikmati blog ini yaa. Happy reading!!!

Yang pertama, saya akan membahas tentang proses pengembangan media kelompok nihh. Hal yang paling awal saya dan anggota kelompok saya lakukan yaitu menganalisis kebutuhan. Proses analisis kebutuhan yang kami lakukan yaitu yang pertama, kami diberikan bidang dan jenjang sekolah yang akan kami analisis. Bidang yang kami dapatkan yaitu bidang pribadi sosial dan jenjang yang kami analisis yaitu SMK. Setelah mengetahui bidang dan jenjang yang harus dianalisis, kami menyusun kisi-kisi berupa variabel, sub variabel, indikator, dan pertanyaan/pernyataan. Dalam kisi-kisi tersebut  kami susun berkaitan dengan bidang pribadi sosial pada siswa SMK dan guru BK. Selanjutnya, kami menyusun angket (google form) agar mempermudah kami dalam menyebarkannya. Gform yang telah kami buat, kami sebarkan kepada siswa SMK dan juga guru BK. Dari penyebaran gform tersebut, kami mendapatkan 37 responden siswa SMK dan 3 responden guru BK. Berdasarkan hasil angket (gform) diperoleh hasil 3 topik yang paling dibutuhkan yaitu angket minat bakat, tes MBTI, dan tes psikologis. Untuk media yang paling banyak digunakan yaitu Instagram.

Setelah proses analisis kebutuhan, kami menentukan media yang akan kami kembangkan. Media yang kami kembangkan sebagai sarana untuk menyebarkan informasi yaitu media Instagram. Kami memutuskan untuk mengembangkan media Instagram berdasarkan hasil need assessment kami yang menunjukkan bahwa para peserta didik SMK kebanyakan mencari/mendapatkan informasi dari Instagram. Selain itu, Instagram memiliki banyak kelebihan untuk menjadi media penyebaran informasi. Berikut beberapa kelebihan Instagram:

a.       Aplikasi Instagram dapat diperoleh gratis

Aplikasi Instagram banyak digemari remaja jaman sekarang karena gratis dan tidak harus berlangganan terlebih dahulu. Semua orang dapat mengakses semua fitur yang ada pada aplikasi Instagram tanpa harus membayar atau berlangganan.

b.     Tampilan dan fitur yang sederhana

Tampilan dan fitur pada Instagram sangat sederhana sehingga para remaja mudah menggunakannya. Seseorang tidak memerlukan kemampuan khusus untuk dapat menggunakan Instagram.

c.      Jangkauan luas

Instagaram memiliki jangkauan yang sangat luas. Segala sesuatu yang ada di dunia dapat kita lihat di Instagram. Hal ini tentu akan memudahkan seseorang untuk menyebarkan atau mendapatkan informasi. Dari kelebihan-kelebihan yang sudah dipaparkan di atas, kami yakin bahwa media Instagram dapat kami kembangkan sebagai media informasi untuk menyebarkan microblog tentang MBTI.

Proses selanjutnya yaitu penentuan materi yang akan dibahas/dikembangkan. Materi yang kami bahas atau kembangkan yaitu MBTI. Kami memutuskan untuk menggunakan meteri MBTI berdasarkan hasil need assessment. Dari ketiga topik terbesar yaitu angket minat bakat, tes MBTI, dan tes psikologis, kami merasa bahwa tes MBTI merupakan topik yang paling tepat. Dengan tes MBTI, kita dapat mengetahui tipe kepribadian seseorang, karakteristik seseorang, kelebihan dan kekurangan seseorang, serta rekomendasi pekerjaan yang cocok dengan kepribadian seseorang. Tes MBTI ini merupakan bentuk sederhana dari tes psikologis. Tes ini lebih mudah untuk diterapkan untuk siswa SMK daripada tes psikologis yang memerlukan seseorang dengan kompetensi. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk mengembangkan topik tentang MBTI.

Proses terakhir dari proses pengembangan media kelompok yaitu proses evaluasi. Pada proses evaluasi, kelompok kami yang tadinya ingin mengunggah 21 slide dengan 9 feed di Instagram harus menyederhanakannya karena keterbatasan ruang dan kesepakatan bersama kelompok lain. Dari situ kami berpikir keras untuk menyederhanakan microblog yang awalnya 21 slide menjadi maksimal 10 slide. Kami akhirnya mampu menyederhanakan 21 slide microblog untuk 9 feed tersebut menjadi 6 slide untuk 1 feed Instagram saja.

Berikut merupakan microblog setelah evaluasi:










Yang kedua, laporan pameran media BK. Microblog kelompok 9 diunggah pada tanggal 13 Mei 2022 pada pukul 10.19 di Instagram offering A1C. Tujuan kami pada pameran ini yaitu untuk memberikan informasi terkait kebutuhan yang diperlukan peserta didik yakni tes MBTI sebagai alat untuk pengenalan kepribadian yang dimiliki. Masukan dari para followers yaitu mengganti format materi pada bagian pengertian dari narasi menjadi poin-poin agar lebih mudah dipahami. Selebihnya followers sudah merasa cukup dengan microblog yang pada pameran.

Berikut merupakan microblog yang telah direvisi:









Pada mata kuliah Teori Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling ini saya mendapat banyak sekali pengalaman. Satu semester menjalani mata kuliah TPMBK tentu banyak suka duka yang saya rasakan. Sukanya ada banyak keahlian yang sebelumnya belum bisa saya lakukan akhirnya dapat saya lakukan setelah saya mengikuti mata kuliah ini, seperti cara membuat sitasi, PPT interaktif, video animatif, podter, Blog, dan masih banyak lagi. Hal tersebut sangat menyenangkan karena saya merupakan orang yang suka mempelajari hal baru. Untuk dukanya, saya mengalami beberapa kendala pada saat mengerjakan tugas-tugas TPMBK. Salah satu contohnya yaitu pada saat mempersiapkan presentasi hasil need assessment, saya dan teman-teman saya harus berusaha ekstra agar tugas tersebut selesai karena tidak semua anggota kelompok kami mengerjakan. Dalam proses pengerjaan tugas tersebut, kami harus begadang dan berakhir saya sakit karena kondisi saya kurang fit.

Namun secara keseluruhan, mata kuliah TPMBK sangat menyenangkan untuk saya karena di sini saya dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan yang dulu saya belum tahu tetapi ternyata sangat menyenangkan seperti membuat poster.

Berikut beberapa hasil dari mata kuliah TPMBK:

1. Sitasi E-journal Mendeley

2. PPT Interaktif PPT Interaktif MBTI

3. Media rekam layar sreen cast o-matic

4. Video Animatif Powtoon

5. Vlog Vlog MBTI

6. Instrumen Evaluasi google form

7. Poster Microblog

8. Media Permainan Permainan

9. Blog Blog MBTI

Demikian pengalaman saya satu semester menempuh mata kuliah Teori Pengembangan Multimedia Bimbingan dan Konseling. Semoga apa yang saya dapatkan selama satu semester ini dapat membawa manfaat bagi saya, Ibu Fitri selaku dosen mata kuliah TPMBK, para pembaca, serta orang-orang di sekitar kami. Sekian Blog ini saya buat, sampai jumpa di lain kesempatan.






  


    





Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Kepribadian Melalui MBTI

  Teman-teman tau ngga sih apa itu kepribadian? Kepribadian adalah keseluruhan sikap, perasaan, ekspresi, tempramen, dan perilaku seseorang dalam lingkungannya. Kepribadian sangatlah penting untuk diketahui setiap individu agar setiap individu mampu mengembangkan dirinya dan potensi yang dimilikinya. Lalu, bagaimana sih caranya mengetahui kepribadian kita? Nah, salah satu cara untuk mengetahui kepribadian kita adalah dengan melakukan tes MBTI. Tes MBTI atau Myer Briggs Type Indicator merupakan tes kepribadian yang dikembangkan oleh Katherine Cook Briggs dan putrinya yang bernama Isabel Briggs Myers pada era perang dunia II. Pada mulanya, tes MBTI bertujuan untuk membantu para pencari kerja dalam menentukan tipe pekerjaan yang paling sesuai dengan diri mereka. akan tetapi, p ada era sekarang ini, MBTI tidak hanya digunakan untuk membantu para pencari kerja dalam menentukan tipe pekerjaan yang paling sesuai dengan diri mereka tapi juga dapat digunakan secara luas untuk mengetahui k...